Friday, March 11, 2011

Tripang - timun laut - cucumaria frondosa


KLASIFIKASI
Cucumaria frondosa

Kingdom        : Animalia
Phylum          : Echinodermata
Class             : Holothuroidea
Order            : Dendrochirotida
Family           : Cucumariidae
Genus           : Cucumaria
Species         : Cucumaria frondosa
Nama daerah: Teripang / Timun Laut





KARAKTERISTIK
Cucumaria frondosa

  • Tubuhnya lunak dengan bentuk bulat panjang seperti saus dan ditutupi oleh lapisan lunak yang terdiri atas ossicle yang sangat kecil.
  • Teripang adalah hewan yang bergerak lambat, hidup pada dasar substrat pasir, lumpur pasiran maupun dalam lingkungan terumbu
  • Mulut terletak dibagian anterior dikelilingi oleh 10 sampai 30 buah tentakel yang dapat disamakan dengan kaki tabung bagian oral.
  • Cucumaria frondosa memiliki otot yang melingkar dan otot yang memendek yang memungkinkan Cucumaria frondosa melakukan pergerakan seperti cacing dan memiliki alat pencernaan yang terdiri atas mulut, esophagus, lambung, intestine, kloaka dan anus.
  • Alat respirasi dan ekskresinya dengan menggunakan respiratory tree.
  • Sistem pembuluh darah lebih nyata dibandingkan dengan Echinodermata lainnya karena pembuluh darahnya sepanjang intestine.
  • Alat reproduksinya terpisah, gonad mempunyai bentuk seperti sikat dengan saluran-saluran yang dihubungkan oleh sebuah saluran ke lubang kelamin yang terletak dekat tentakel.




PERANAN
Cucumaria frondosa

·       Menguntungkan karena dapat dikonsumsi sebagai bahan pangan

·       Menguntungkan karena teripang berperan penting sebagai pemakan deposit (deposit feeder) dan pemakan suspensi (suspensi feeder).

·       Teripang kaya akan grow factor sehingga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak, kandungan protein hingga 82% dan asam lemak essensial mujarab memperkuat sel hati untuk mengeluarkan antibiotik. Karena itu juga teripang/gamat kerap disebut Imunomodulator



No comments:

Post a Comment